Menghitung Tinggi Monas (Monumen Nasional)

Berikut saya akan menjelaskan sedikit tentas Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan Monas. tugu Monas memiliki tinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presidenSukarno.

Rancangan bangunan Tugu Monas berdasarkan pada konsep pasangan universal yang abadi Lingga dan Yoni.Tugu obelisk yang menjulang tinggi adalah lingga yang melambangkan laki-laki, elemen maskulin yang bersifat aktif dan positif, Sementara pelataran cawan landasan obelisk adalah Yoni yang melambangkan perempuan, elemen feminin yang pasif dan negatif, serta melambangkan malam hari. Lingga dan yoni merupakan lambang kesuburan dan kesatuan harmonis yang saling melengkapi sedari masa prasejarah Indonesia. Monumen terdiri atas 117,7 meter obelisk di atas landasan persegi setinggi 17 meter, pelataran cawan. Monumen ini dilapisi dengan marmer Italia.

Sebuah  lift pada pintu sisi selatan akan membawa pengunjung menuju pelataran puncak berukuran 11 x 11 meter di ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Lift ini berkapasitas 11 orang. Pelataran puncak ini dapat menampung sekitar 50 orang, serta terdapat teropong untuk melihat panorama Jakarta lebih dekat. Pada sekeliling badan elevator terdapat tangga darurat yang terbuat dari besi.

Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 35 kilogram. Lidah api atau obor ini berukuran tinggi 14 meter dan berdiameter 6 meter terdiri dari 77 bagian yang disatukan. Lidah api ini sebagai simbol semangat perjuangan rakyat Indonesia yang ingin meraih kemerdekaan. Awalnya nyala api perunggu ini dilapisi lembaran emas seberat 35 kilogram, akan tetapi untuk menyambut perayaan setengah abad (50 tahun) kemerdekaan Indonesia pada tahun 1995, lembaran emas ini dilapis ulang sehingga mencapai berat 50 kilogram lembaran emas. Pelataran cawan memberikan pemandangan bagi pengunjung dari ketinggian 17 meter dari permukaan tanah. Pelataran cawan dapat dicapai melalui elevator ketika turun dari pelataran puncak, atau melalui tangga mencapai dasar cawan. Tinggi pelataran cawan dari dasar 17 meter, sedangkan rentang tinggi antara ruang museum sejarah ke dasar cawan adalah 8 m (3 meter dibawah tanah ditambah 5 meter tangga menuju dasar cawan). Luas pelataran yang berbentuk bujur sangkar berukuran 45 x 45 meter.

Hal yang berhubungan dengan matematika dengan monas adalah bagaimana kita mengukur perkiraan tinggi tugu monas. Bagaimana kita dapat mengukur tingginya?  Dengan menggunakan konsep perbandingan kita dapat mengukur perkiraan tinggi tugu monas. Pada saat monas membentuk bayangan karena sinar matahari, kita tancapkan batangan (yang sudah ditentukan panjangnya) pada ujung bayangan monas. Tentu saja batangan tersebut juga akan membentuk bayangan . Kemudian kita ukur panjang bayangan monas dan panjang bayangan batangan tersebut.  Kita bisa lihat model gambar untuk mengukur perkiraan tinggi Monas.

Dengan :

AB : tinggi tugu monas

BC : Bayangan monas

CD : tinggi tongkat

CE : bayangan tongkat

Dengan menggunakan rumus perbandingan tersebut kita bisa memperkirakan tinggi monas. Walaupun tinggi sebenarnya tidak bisa kita cari dengan cara seperti ini namun kita dapat memperkirakan tinggi tugu monas.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s